Jumat, 18 Januari 2013

MAKALAH ENGINE UNTUK SMK TK MESIN


ARTIKEL SMK TEKNIK MESIN 
TENTANG ENGINE



Engine

Mesin adalah sebuah alat penghasil tenaga yang berfungsi berdasarkan perubahan bahan bakar dan energi panas menjadi energi mekanik kemudian disalurkan kebagian roda untuk menjalankan kendaraan.

http://mardiyan22.files.wordpress.com/2010/10/engine.jpg?w=300&h=215

Engine adalah salah satu komponen utama pada kendaraan selain sistem kelistrikan dan chasis serta body. Berikut ini akan kita bahas masalah engine dan bagian-bagianya. Materi ini berisi tentang bagian-bagian atau komponen yang terdapat pada engine. Kami juga menyertakan beberapa langkah overhaul engine. Bagi para pemula materi berikut cocok untuk dipelajari karena dilengkapi juga dengan evaluasi, sehingga memudahkan untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman pembaca setelah mempelajari materi berikut.

Komponen Mesin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR4z_8XEdYDg7fq27Mfb3iNmF-4-JjYnTSl6p2iBzmjYxDoQrAUOF478lHBpnws0mmTbjGyPFI-4hfot8mguIi51YxT69PqfCg8rpGdZrhulF0Ny7f3j5yr7ESp5P5SEmcG-NF9fMyK5c/s320/Mesin+Bensin+1.jpg

Mesin terutama mesin pada kendaraan roda empat Terdiri dari beberapa komponen utama dan komponen pelengkap, yaitu :



1.        Kap Silinder / Cylinder Cup


2.        Kepala Silinder / Cylinder Head
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqJDn7q4LGQOekRta0eTvZVjA1rvx9pM-e5oogMLgu5GHbExKYKtXTh6fahHMStbggQwaB10hjPmCGotKVsqrz2KnleLpLrjlXDvnLSZAGZMV4D60VlObC3i4wvshjilxCe8RxQnkCBhA4/s1600/Simple-Head-Gasket-Diagram.gif
Bagian paling atas dari kontruksi mesin adalah kepala silinder. Kepala silinder berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi.
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
1. Noken As / Cam Shaft
    Noken As Atau Cam Shaft berfungsi untuk mengatur terbuka dan tertutupnya Klep atau Valve sesuai       dengan FO : 1342
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjek5UqS7j-hx2Lng4vL3mVj5JMsY0tQr4Vv_KUeZuc5vW7VVZTchOQrusbixQSSAL3cAz4ZF50e1gbY1AyQXxGsIOmivpmgjeWHK_iPt3NyXqp_glLPmi-pvo8v5wGLdx1QhCf0Jt1J30/s200/cam.jpg
Cam Shaft


2. Pully Noken As
     Pully Noken As Berfungsi sebagai poros yang memutarkan noken as, dan pully noken as ini dihubungkan dengan pully Crank Shaft / Sumbu Engkol.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQRD0SHf5zwcqetTAYxkKAK3cg7TsHtse848qCQuHPzEiGEw8qtSITz-QaAReELeUf84MVryPf-RiL2LkgNqBIiad09hIvHlvl6uyVDJX3Vp9dLtr_yRvBKPqFynFkqsLWvbiyt1AKDFQ/s200/1333725328_313943117_20-JUAL-Altenator-Delco-Dinamo-Starter-Power-Steering-BoshPump-Karburator-Noken-As-dll-.jpg

3. Katup / Valve
    Katup Berfungsi Sebagai pengatur masuk dan keluarnya gas sebelum terbakar dan sesudah terbakar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTcudOB0m0zkPeXudt24buNr2Ber23uU2ZC1_KCGRJC6yp1x2R0e-DN6c5sRKsN_pbObxRhAxf7goQWOhN1TLqsKaCG_IBsFiYzfzK91tHl79FNcIFOeg2C-KI7gOzNmDWu16UW1MOMWc/s200/auto-part-intake-exhasut-engine-valve-for-suzuki-auto-spare-car-parts-after-market.jpg

4. Tuas penekan
    Tuas Penekan berfungsi untuk membuka dan menutup valve, sebagai penghubung antara valve dan noken as atau Cam Saft
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOFm4w4rStKApjuK44RFPZtiBdS2_tEbwDiydGUBRh56d4iQfNDMpogJE-FzVfkYS_q4e_KPVCr_z-2ie_Ha99QUgw7IzayWg2DLGsRLzVWihnOcvgP1O6UJvGdTV_6wxgRtCrk5bdnts/s200/20110615pelatuk_1.jpg

5. Per Katup / Valve Spring
    Per Katup berfungsi sebagai alat pembantu valve yang setelah terbuka dan ingin menutup lubang katup agar cepat bisa menutup lubang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMNLjQdowmJ6emxf_mNZIgwv6KEwaYrSz10aptQbc0maIc0uHboQP7tCldjj5xBUreJZzMasImMlbJHa_CKGQ3I2LuDYXblWNWzOoQUN-mQ17CzoYssR2k8JO4hty5AI3zdOvyFeZHcbI/s200/SP02.jpg

6. Busi
    Busi berfungsi sebagai alat pemercik bunga api pada saat langkah kompresi.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhK_GoqSJa7iUUf-LCVbs6WzsEAOMOTeP8f8JtXNMPr9E7LZXNNVZAhCovBCtMTnP2PeQRSWZZo-LkJlp6B8EEmvKvaZ_6KJsVsA_8ITejuGyXggSFXwBUgJR3EZhn38wtlW9hV3WaVEVs/s200/Melihat-Motor-Lewat-Busi_large.jpg



3.        Blok Silinder
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbsj8qbYB3kYSAyv-c72vQHdpSCTn_6IOzDmIv5yMZXI1FpBSn1cW5AbOgFiwPEETBeV0ZeDSpPRJ33fMwcQKnFYIBDbDA9_cYDW2lHlGM8rXd0RuGa6-r1CfAsHzc2vPJCFugdNrZoADE/s1600/block.gif
Blok silinder merupakan inti daripada mesin yang terbuat dari besi tuang. Belakangan ini ada beberapa blok silinder yang dibuat dari paduan aluminium. Seperti kita ketahui, bahwa aluminium ringan dan dapat meradiasikan panas yang lebih efisien dibandingkan dengan besi tuang.
Blok silinder dilengkapi dengan rangka pada bagian luar untuk memberikan kekuatan pada mesin dan membantu meradiasikan panas. Blok silinder terdiri dari beberapa lubang tabung silinder, yang didalamnya terdapat torak yang dapat bergerak naik-turun. Silinder-silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silinder dengan meletakkan gasket kepala silinder (perpak/packing) diantara blok silinder dan kepala silinder.
Crankcase terpasang dibagian bawah blok silinder dan poros engkol dan bak oli termasuk crankcase. Poros nok juga diletakkan didalam blok silinder, ini hanya untuk tipe OHV (Over head Valve). Pada mesin modern poros nok berada didalam kepala silinder. Silinder-silinder dikelilingi oleh mantel pendingin  (water jacket) untuk membantu pendinginan. Perlengkapan lainnya seperti starter, altenator, pompa bensin, distributor dipasangkan pada bagian samping blok silinder.

  Water jacket
Water Jacket (mantel pendingin) terdapat disekeliling silinder mesin dankepala silinder. Fungsi water Jacket ini adalah untuk mendinginkan bagian-bagian silinder dan ruang bakar. Mantel pendingin pada kepala silinderberhubungan dengan bak penampung bawah radiator


  Piston / torak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQQhsy_UTdoyuCkaimwh_5N5MujvxmrhCXG-1ZuQRoV76id8PJ4dnnS-FOioNRHgG6J-itsWkJi66Vuq53DX2-rAxDVOfj3JJZdNCAt_1Q0BzZ-gUWpXADNytQti1zTQGNKrDQx3A43b0/s1600/piston.gif
Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa.
Tujuan piston dalam silinder adalah:
  • Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
  • Membuka-tutup jalur aliran.
  • Kombinasi dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal ring).


  Ring Piston

http://taka-sukucadang.com/wp-content/uploads/2012/11/piston_ring_set.jpg
Ring piston tidak dibuat tersambung secara utuh seperti sebuah gelang, namun pada satu bagiannya dipotong . Potongan ini membuat bentuk ring piston seperti sebuah gelang yang terputus pada satu sisi. Tujuan pemutusan ring piston ini adalah agar terdapat celah bagi ring piston untuk melakukan pemuaian di saat panas. Celah ini akan berubah ubah tergantung pada besarnya dinding silinder pemuaian yang terjadi akibat panas pada mesin. Standar celah yang umumnya pada suhu ruangan adalah 0,2 – 0,5 mm. Adapun tak semua celah ring piston ini sama, tergantung pada spesifikasi dan karakteristik dari masing – masing mesin.
Pada saat silinder blok di oversize maka celah antara ujung ring piston inilah yang menjadi dasar pengukurannya. Silinder akan dikorter atau di oversize sampai ukuran celah antara ujung ring piston mencapai ukuran 0,2 – 0,5 mm. Pada saat anda melakukan pemeriksaan terhadap silinder blok , maka celah ring piston ini dapat dijadikan dasar pemeriksaan dan pengukuran untuk mengetahui apakah silinder blok perlu di korter atau tidak. Jika celah antara ujung ring piston melebihi standar , maka sudah seharusnya silinder blok dikorter dan piston serta ring piston pun harus diganti dengan ukuran yang lebih besar. 

  Batang Torak / Connecting Rod

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_cWcdFXkkBGK7FIgeKIXMUUE7H9TOng_hiI3w5hqA-Is-Huir6CtW-eRQ2oDsJ8BdSa00c3-DeErTi22i2H6dnUcWTVYRXj_QUA2k3OXHhIHWmtt8saUMEKicrqZu1duiWaS-fc7sSLda/s1600/batang+piston.png

Batang piston, adalah komponen/part yang menghubungkan piston dengan poros engkol/crankshaft dibuat dengan bentuk "I" , terbuat dari baja spesial.


  Crank Shaft / Sumbu Engkol

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNXtf-vheZvncOqE1wW7aTnwrqkf3dZkvLddOFLPhRmTVvMXaxSO2ihcKis7OKNq3hh6Bu1Tw_uwZuIlGhb0XuySKYjKASQLFmE2bNIZ6kKoWUZCVtKKnClty7qEZzUK47YCUhIoS-wz4/s200/crankshaft-1.jpg
Sumbu engkol/crankshaft, mempunyai tugas penting yaitu mengubah gerakan lurus piston yang berada dalam silinder pada gerak kerja menjadi gerak putar dengan melalui batang-batang piston serta menjaga pergerakan piston dalam lengkah-langkah selanjutnya. Poros engkol terdiri dari pusat putaran dimana pada pena engkol dipasangkan batang piston. Bagian ujung depan poros engkol dibuat sedemikian rupa sehingga memungkinkan pemasangan gigi pengatur (timing gear) yang berfungsi untuk menggerakan sumbu nok dan puli untuk menggerakan pompa air/alternator (waterpump). Sedangkan bagian ujung belakang dipasangkan dengan flens untuk pemasangan roda penerus (roda gila).


  Pully Crank Shaft

  Fly wheel/Roda Gila/Pala babi

Roda penerus/flywheel, merupakan piringan yang terbuat dari besi tuang dan dibaut pada ujung belakang poros engkol. Dimana poros engkol hanya mendapatkan tenaga putaran dari langkah kerja saja, agar supaya dapat bekerja pada langkah yang lainnya maka poros engkol harus dapat menyimpan day putaran yang diperolehnya. Bagian yang menyimpan tenaga putaran ini adalah roda penerus yang juga dilengkapi dengan gigi ring yang dipasangkan di bagian luar untuk perkatian dengan starter pinion.





4.        Bak oli

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHeOmMtATWYRJulNKaSd6k3r7XIU07bZex_1WVR8-NOUlTGpiplRt_XnQbEQkzyDYYnfxzpL2lDUYNhLPWgL6afLamvoG4gnawHyatvHqAwD-si0S82MHHL1iY3_DZDMrSDFL86wKaifM/s200/cylinder_blockandhead.jpg

Terletak dibawah blok silinder digunakan sebagai penampung oli mesin yang terbuat dari baja press. Pada karter ini juga dilengkapi ventilasi untuk menghubungkan ruang dalam dengan udara luar. Karter dibaut dibawah bak engkol dan diantaranya diberikan gasket (pelapis karet) untuk menghindari kebocoran pada sambungan tersebut sehingga oli mesin tidak bocor merembes keluar.

  Oil Filter

Filter atau saringan, adalah suatu peralatan yang bertugas untuk menyaring.
http://www.pusat-mobil.net/wp-content/uploads/2009/03/oil-filter.jpg

  Oil Pump
1966, 1967, 1970, 1978, 1981 Harley Davidson Shovelheads Manuals and Diagrams: Shovelheads Oil Pump Diagrams (1966-1967)

1 komentar: